Graduation MT LF Logistics in Singapore!

Setelah melewati 1,5 tahun masa MT, akhirnya semua MT dapat undangan spesial untuk menghadiri acara kelulusan di Singapura!

Sedikit recap dulu soal perjalanan selama MT-nya gimana sih karena pasti pada penasaran terutama buat yang baca tulisan soal first impression saya di LF Logistics ini hehehe.

Well, selama 1,5 tahun ini penuh dengan lika-liku. Diawali dengan perasaan seneng dan bahagia bisa ngelewatin segala proses seleksi dan terpilih sebagai Global Management Trainee bareng temen-temen di LF negara lain, terus ikut acara orientation ke Shanghaijuga. Kemudian mulailah ke kehidupan perkantoran yang cukup menyita waktu, pikiran, dan tenaga hahaha.

Seharusnya saya rolling atau rotasi ke 3 departemen, tapi nyatanya saya ‘cuma’ ke 2 departemen. Yaitu transport dan warehouse. Transportnya pun sebenarnya nggak ke sisi operasionalnya, tapi lebih ke sisi sistemnya karena kita lagi ada proyek buat ngembangin sistem planning transport gitulah (yang sampai sekarang belum juga kelar but at least mulai keliatan progressnya huhu). Warehousenya juga memang lebih ke sisi e-commerce yang buat saya ini cukup challenging  mengingat itu pertama kali LF Indonesia dapet proyek warehouse e-commerce. 

But overall, saya menikmati masa-masa di LF. Seperti yang saya tulis di tulisan sebelumnya, orang-orang di LF sangat sangat suportif, jadi meskipun saya sempatlah ada di masa stress dan down gara-gara kerjaan atau ditinggalin sebagian besar tim saya, masih banyak yang support, baik itu teman-teman di kantor atau HR regional yang tak pernah bosan menanyakan kabar saya dan bagaimana perjalanan MT saya.

(Eh kok jadi curhat ya hahaha maaf maaf)

Oke baiklah, mari kita bercerita soal acara kelulusan ini. Sayangnya acaranya cuma sebentar banget, 2 hari! Rasanya waktunya ngga cukup mengingat kami tentunya butuh waktu panjang untuk melepas rindu dengan teman-teman MT negara lain. Tapi, yaa mau gimana lagi…

Hari pertama, saya tiba di Singapura sekitar pukul 9 pagi sendirian. Iya, sendirian! Karena kebetulan teman MT saya tidak bisa hadir karena alasan kesehatan dan tidak diizinkan dokter untuk melakukan perjalanan jauh. Jadinya ya saya terbang sendirian udah berasa kaya anak ilang hehe.

Tiba di Singapura, berhubung kamar hotelnya belum siap, jadi saya putuskan untuk keliling bandara Changi dulu sambil mampir ke Jewel Changi yang terkenal itu. Memang bagus banget ya air terjunnya.

Puas keliling-keliling, saya memutuskan untuk ke hotel naik MRT disambung bis, biar sekalian jalan-jalan. Begitu tiba di hotel dan masuk kamar, teman sekamar saya yang berasal dari Filipina datang. Kami langsung ngobrol dan memanfaatkan waktu untuk istirahat.

Besok paginya, hari pertama acara kelulusan! Setelah sarapan, kami diminta naik bis dan menuju kantor LF Singapura yang menyatu dengan warehousenya yang besar sekali. Di sinilah dimulainya acara utama acara kelulusannya, yaitu presentasi! Yep, jadi memang sebelum berangkat, kami sudah diberitahu untuk menyiapkan materi presentasi selama 3 menit dengan tema yang telah ditentukan tim HR regional selaku penyelenggara acara. Tema yang saya dapat adalah Sparkling More : menceritakan pelajaran, ilmu, dan skill apa saja yang telah didapat selama MT.

Slide15

Setelah sesi presentasi selesai, ternyata ada voting untuk menentukan juara dari tiap tema yang dibawakan. Dan.. saya nggak nyangka saya menang untuk tema yang saya bawakan, alhamdulillah… padahal nyiapin presentasinya super dadakan hehe.

Slide16

Beres presentasi, kami semua dibagikan piagam kelulusan dan berfoto bersama. Kemudian dilanjut dengan acara tur keliling gudang serta acara ‘minum-minum’. Berhubung saya nggak bisa minum, saya cuma dikasih air putih sama soda hahaha.

Slide19

Besoknya, hari kedua sekaligus hari terakhir acara kelulusan. Kami dibagi kelompok dan diminta untuk duduk di meja sesuai kelompok masing-masing. Ternyata kami akan main games! Permainannya adalah kami sekelompok harus membuat video singkat untuk MT angkatan baru nantinya menggunakan lagu yang telah ditentukan. Segala macam properti lucu-lucu sudah disediakan agar videonya makin seru hahaha. Ini pokonya seru sih, harus mikir dulu konsep videonya gimana, terus belum lagi shootingnya yang ricuh, sampai bingung ngedit videonya. Seru!!!

Slide20
Ceritanya lagi bingung ngedit video

Selesai bikin video, kami diminta bersiap dan masuk bis yang mengantarkan kami ke Garden by the Bay! Dan bukan buat jalan-jalan ternyata tapi untuk main Amazing Race! Kebayang ngga sih harus lari-lari cari pos, selesaikan tantangan di seluruh penjuru Garden by the Bay?

Slide21

Beres acara, kami pulang ke hotel dan beristirahat sebelum melanjutkan ke acara terakhir yaitu Gala Dinner. Begitu masuk tempatnya, ada photobooth dan juga di meja tempat makan kami sudah ada banyak banget souvenir dan juga jaket hadiah untuk kami semua. Ya ampun ku terharu…

Slide7

Slide7Slide8

Kemudian di Gala Dinnernya ada games lagi yang tak kalah seru dan tentunya foto bersama sebagai tanda berakhirnya acara kelulusan ini.

Anyway, 2 hari memang sangat tidak cukup untuk wrap up perjalanan selama 1,5 tahun menjadi MT tapi acaranya memang menyenangkan terutama bisa ketemu lagi sama teman-teman MT.

Terimakasih LF, now what’s next? 

 

ps. Maaf banget kemaren tulisannya sempet ilang ngga tau kenapa