A Business Trip to Shanghai – Day 1/3

Rasanya sangat senang sekali begitu saya keterima kerja di LF Logistics Indonesia sebagai management trainee (MT), saya langsung diberangkatkan ke Shanghai, Cina/Tiongkok untuk mengikuti program Global Management Trainee (GMT) Orientation Program. Ya, singkatnya sih, saya bakal dipertemukan dengan teman-teman MT dari negara lain lah. Alhamdulillah…

Jujur ini pengalaman pertama saya pergi ke luar negeri sendiri, tanpa orang tua atau rombongan. Jadi bener-bener harus ngurus diri sendiri lah. Sebenernya saya berangkat bareng teman saya sesama MT seorang, tapi karena dia belum pernah ke luar, jadi masih belum tahu proses di bandaranya seperti apa. Otomatis saya secara ga langsung jadi kaya semacam ‘tour leader’nya hahaha.

Oke lanjut, kami berangkat Selasa 18 September 2018 pagi dengan pesawat Cathay Pacific. Kebetulan kami ga dapet yang direct flight, jadi kami harus transit dulu di Hongkong. Jadi total waktu perjalanannya adalah 4 jam (Jakarta-Hongkong) + 2 jam (transit di Hongkong) + 2 jam (Hongkong-Shanghai). Lama banget ya… mana waktu di Hongkong sempet ada ‘drama’ hampir ketinggalan pesawat lagi gara-gara baru nyadar gate kita jauh sementara kitanya leha-leha cari makan sama muter-muter, jadilah begitu nyampe hotel langsung istirahat karena kecapean di jalan haha.

Oh btw, sama kantor, semua MT ditempatkan di Hotel Hilton Shanghai Honqiao. Alhamdulillah bangetlah dikasih kamar segitu bagusnya…

Besoknya nih, Rabu 19 September 2018, hari pertama program orientasi GMT ini. Setelah sarapan super kenyang di hotel (waffle sama sirup maplenya enak banget parah, menu wajib sarapan di sana pokonya hahaha),  kami diminta berkumpul di lobby. Baru ketemu dan kenalan lah saya sama yang lain, ada yang dari Filipina, Malaysia, Singapura, Hongkong, Thailand, Taiwan, dan Tiongkok tentu saja. Eh lagi asik ngobrol, ternyata kita diminta ke bis karena acaranya bukan di hotel, tapi di kantor Shanghainya.

Pertama nyampe kantornya, saya cuma bisa melongo saking ga percaya sama kantornya yang suasananya sama sekali ga kaya kantor, tapi udah kaya mall macem Cihampelas Walk atau Paris van Java Bandung haha (ya maaf kalo ndeso). Hall nya juga keren pokonya. Bersyukur sekali saya bisa dapet kesempatan ke sini.

Slide11
Salah satu sudut kantornya

Hari pertama ini kegiatannya adalah training tentang personal branding. Intinya sih kita diajari bagaimana sih cara memberikan first impression yang baik terutama dalam dunia kerja, mulai dari cara berpakaian, jabat tangan, memulai obrolan, berdiskusi, dan percaya diri untuk menunjukkan siapa diri kita. Yang mengisi trainingnya namanya Natalie Evie, beliau udah pengalaman bangetlah untuk kasih training soal ini.

Trainingnya juga ga bikin bosen, tiap bahas satu topik, bakal langsung praktik atau bakal diputerin videonya. Jadi training dari pagi sampai sore pun ga kerasa sama sekali. Oh iya, selama training ini, kita duduknya berkelompok dan itu random gitu diatur kelompoknya, biar bisa kenalan sama teman-teman lain.

Oiya saat break makan siang, kita juga sempat diajak untuk mengenal sejarah perusahaan secara singkat. Jadi, LF Logistics itu adalah salah satu anak perusahaan dari Li & Fung (LF) Group di Hongkong. Percaya ga percaya, awalnya perusahaannya itu bergerak di bidang supplier garmen lo sebelum akhirnya merambah ke dunia trading dan logistik juga. Makanya ga heran di kantornya yang di Shanghai ini selain logistik, garmennya juga banyak ditonjolkan.

Beres training ternyata kita diajak jalan-jalan sekaligus makan-makan sama teman-teman MT Tiongkok. Kelompoknya sendiri pun dibedain lagi sama yang tadi. Kami diajak makan di sebuah mall yang gede banget namanya mall Shanghai Aegean Place. Sekilas sih mirip-mirip Mall Taman Anggrek Jakarta gitu hehe.

Slide26
Shanghai Aegean Place

Di mall ini kita diajak ke restoran India-Pakistan gitu karena kita nyari yang halal. Sama kantor kita dikasih uang jajan cukup banyak, jadi akhirnya kita pesen banyak banget makanan, terutama makanan-makanan yang belum pernah nyoba dan ga ada di Indonesia hahahaa. Oiya kata teman saya yang MT Tiongkok ini, di Tiongkok sendiri sudah mulai gampang cari makanan yang halal, terutama di mall atau food court mengingat di sana katanya Muslim menjadi penduduk kedua terbanyak di sana.

Slide30
Ceritanya lagi rebutan kebab ehehe (pardon my face)

Puas makan-makan, kami pun jalan-jalan keliling mall sambil coba beli street food sana. Saya lupa sih namanya apa, tapi bentuknya mirip kue sus, cuma ukurannya jauh lebih besar (mirip-mirip sama Bread Papa).

Keluar mall, kami baru sadar di depan mall ada pertunjukan air mancur gratis. Ya lumayan lah kita nontonin sambil ngadem (padahal itu udah malem tapi entah kenapa hawanya panas dan gerah).

Slide29

Tak terasa sudah jam 9 malam. Sudah waktunya pulang ke hotel dan beristirahat untuk acara besok.