Tips Asik Naik Kereta Ekonomi Argo Parahyangan !

Buat temen-temen yang sering berpergian bolak-balik Bandung-Jakarta, pasti udah ga asing sama kereta Argo Parahyangan ini. Kereta ini sendiri cuma terbagi jadi dua kelas, eksekutif dan ekonomi. Nah, ternyata, kereta ekonomi Argo Parahyangan ini beda lo sama kereta ekonomi lainnya. Ada beberapa tips yang perlu temen-temen perhatiin sebelum pesen tiketnya biar tetep asik sepanjang perjalanan.

Sebelumnya kita bahas dulu nih, apa sih bedanya kereta ekonomi Argo Parahyangan sama kereta ekonomi lain? Kalo kereta ekonomi lain (sering juga disebut ekonomi AC), kursinya itu berupa kursi panjang untuk 2-3 orang dan kursinya itu hadap-hadapan, jadi emang bakal sempit, terus kaki kita bakal ga bisa gerak bebas karena yaa kena kaki penumpang yang ada di depan kita (kecuali kalo ternyata depan kita ga ada penumpangnya, jadi enak deh bisa ngelurusin kaki hehe). Kursinya juga beda sama kelas eksekutif, kursinya sama sekali ga bisa diatur jadi dia bener-bener tegak gitu 90 derajat. Oiya, terus kereta ini juga pake ACnya AC split, bukan AC sentral.

sritanjung-1024x576
Kereta Sri Tanjung (sumber : azkanaufal.com)

Kalo kata saya sih, kereta ini lebih enak buat perjalanan pendek-pendek karena rasanya kurang nyaman aja ga sih kalo duduk tegak lama dengan kondisi kaki yang harus ditekuk terus berjam-jam? Terakhir saya naik kereta ekonomi ini waktu lebaran kemaren, saya naik dari Probolinggo ke Surabaya, naik kereta Sri Tanjung. Tapi, dulu juga pernah sih naik dari Bandung ke Kediri bareng temen-temen kampus. Meskipun habis itu badan sama kaki pegel-pegel semua, tapi yaa karena bareng temen-temen perginya jadi dibawa asik aja hehe.

img_3018
Kereta Ekonomi Argo Parahyangan (sumber : jalancerita.com)

Nah, gimana dengan kereta ekonomi Argo Parahyangan? Ternyata bedanya lumayan lo. Dari segi tempat duduknya aja, kursinya bukan kursi panjang, tapi yaa kursi satu-satu gitu, walaupun memang sama-sama ga bisa diatur sih, jadi kursinya tetep tegak (tapi seinget saya sih ga setegak 90 derajat banget kok). [Update. Terakhir naik kemarin (14 Oktober 2019) kursinya sekarang udah bisa diatur loo.. alhamdulillah senangnyaa]  Oiya, kursinya juga ga hadap-hadapan ternyata, jadi semuanya menghadap ke satu arah, kecuali untuk kursi nomor 11 dan 12 (nanti dibahas lebih lanjut ya), jadinya enak kan ga perlu ‘risih’ ngelurusin kaki? Yaa walaupun memang area kakinya tetep sempit karena ga ada bantalan kaki, tapi yaa lumayan lah ya.

wp-image-1492432772jpg
Area Kaki yang Sempit (sumber : asambackpacker01.com)

Dan satu hal lagi yang beda adalah, ACnya adalah AC sentral persis kaya kelas eksekutif. Jadi bisa dibilang, kereta ekonomi Argo Parahyangan ini semacam ekonomi premium gitu ya… [Update. Ternyata saya baru ngeh, di keretanya pun ditulisnya bukan ‘ekonomi’, tapi ‘premium’]

Oke, lanjut, jadi apa aja sih tips-tips naik kereta ekonomi Argo Parahyangan ini? Perasaan kok ngebaca cerita saya tadi kesannya kaya udah nyaman-nyaman aja ya…

  • Hindari Kursi Mundur !

Hah, apaan tuh maksudnya kursi mundur? Jadi, sesuai sama yang udah saya cerita tadi, kursi di kereta ekonomi Argo Parahyangan ini emang menghadapnya satu arah kecuali kursi nomor 11 dan 12 yang saling berhadapan [Update. Saat ini kereta Argo Parahyangan punya 20 tempat duduk/seat di tiap gerbong, jadi nomor kursi tengah yang berhadapannya adalah nomor 10 dan 11]. Kenapa bisa gitu? Karena…kursi nomor 1-11 itu menghadapnya ke kanan, sementara kursi nomor 12-24 itu menghadapnya ke kiri (ini ceritanya kita lihatnya dari samping ya biar ga pusing hehe) ! Kalo bingung, mungkin bisa lihat contoh ilustrasi ini.

Untitled
Maaf ya gambarnya jelek :p

Jadi kebayang kan, salah-salah pilih tempat duduk, kita jadinya malah ngerasa kalo kereta itu mundur karena kursinya berlawanan dengan arah laju kereta. Nah…biar ga salah pilih..ini saya coba kasih panduan kursi-kursi yang searah dengan laju keretanya, berdasarkan pengalaman saya sendiri naik kereta ekonomi ini.

Untuk ke Bandung dari Jakarta :

[Update] Kursi 12-24 (untuk 24 seat) | Kursi 11-20 (untuk 20 seat)

 

Untuk ke Jakarta dari Bandung :

[Update] Kursi 1-11 (untuk 24 seat) | Kursi 1-10 (untuk 20 seat)

  • Hindari Kursi Tanpa Jendela !

Salah satu hal kenapa banyak orang (termasuk saya) suka naik kereta adalah karena bisa melihat pemandangan dari jendela. Jadi rugi banget dong kalo naik kereta ternyata ga ada jendelanya?

Emang ada ya kursi yang ga ada jendelanya? Di kereta ekonomi Argo Parahyangan, ada dua kursi yang ternyata ga ada jendelanya, yaitu kursi nomor 1 dan 24. Jadi, kalo temen-temen suka liat pemandangan sambil naik kereta, sebisa mungkin hindari dua kursi ini ya… [Update. Tapi ternyata kursi nomor 1 dan 24 ini tidak selamanya nggak ada jendelanya. Pernah beberapa kali naik dan dia ada jendelanya, tapi.. dia nggak ada tirainya. Jadi kalau kita naik kereta pas siang hari yaa… panas jadinya hehe]

  • Hindari Kursi 11 dan 12! Tengah!

Seperti yang udah saya ceritain, kursi nomor 11 dan 12 ini berhadapan [Update. Saat ini kereta Argo Parahyangan punya 20 tempat duduk/seat di tiap gerbong, jadi nomor kursi tengah yang berhadapannya adalah nomor 10 dan 11]. Jadi, buat temen-temen yang ngerasa ga nyaman kalo harus berhadapan dengan penumpang lain, mungkin bisa hindari dua kursi ini. Tapi kalo temen-temen nyaman-nyaman aja, sebenernya ga masalah sih. Apalagi sebenernya kalo duduk di dua kursi ini, kaki temen-temen bisa lebih leluasa, malah bisa ngelurusin kaki dibanding duduk di kursi lain, yaa walaupun emang ujung-ujungnya kakinya tetep kena sama kaki penumpang yang di depan kita sih hehe.

tempat-duduk-kereta-ekonomi-ac-300x222
Kursi 11 dan 12 (sumber : blog.reservasi.com)

Naah itu dia tips-tips yang bisa temen-temen coba lakukan agar bisa tetap nyaman dan asik sepanjang perjalanan naik kereta ekonomi Argo Parahyangannya. Selamat jalan-jalan ya!

 

 

Sumber foto cover : anekaharga.com