Pengalaman Kerja Praktek di Telkom Indonesia

Senang sekali rasanya aku bisa mendapat kesempatan untuk bisa kerja praktik di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini. Walaupun periode kerja praktikku cukup sebentar, hanya 2 bulan saja (Juni-Juli 2016), tapi banyak sekali pengalaman berharga yang aku dapat di sana.

Awalnya kerja praktek ini untuk memenuhi mata kuliah kerja praktek di kampus hehe (semua mahasiswa tingkat 4 rasa-rasanya pasti dapet mata kuliah ini kan ya?). Kenapa Telkom? Simpel aja sih sebenernya alasannya, biar deket rumah haha. Well, kenapa aku pengen ke Telkom karena aku pengen tahu rahasia apa sih yang dimiliki oleh Telkom hingga bisa menjadi perusahaan besar seperti sekarang.

Di Telkom ini, aku ditempatkan di Departemen Divisi Digital Service (DDS), bagian Infrastructure Assurance (IAS). Fyi aja, departemen ini lokasinya bukan di kantor pusat Telkom, melainkan di Telkom Gegerkalong (Gerlong). Waktu hari pertama aku di sana, aku langsung dikenalkan mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan IAS oleh pembimbingku yang super baik banget, namanya Mbak Ica. Dari Mbak Ica, aku tahu kalau IAS ini bertugas untuk melakukan pengujian perangkat-perangkat telekomunikasi seperti kabel telepon, wifi router, dan perangkat sejenisnya baik itu yang diproduksi oleh Telkom dan anak-anak perusahaannya, maupun dari perusahaan luar yang sudah menjadi mitra Telkom. Dan hebatnya, nggak cuma perusahaan Indonesia aja lo yang minta diuji perangkatnya, tapi juga perusahaan luar negeri, keren kan? Nah, kenapa sih perangkat-perangkat ini harus diuji? Biar ketika perangkat ini dijual atau digunakan dalam skala besar, perangkat-perangkat ini sudah teruji kualitasnya.

Setelah Mbak Ica memaparkan permasalahan yang ada di IAS, akhirnya aku memutuskan untuk mencoba membenahi permasalahan database pengujian sebagai topik kerja praktekku. Tadinya, aku sempat takut saran-saran yang aku berikan mengenai hal ini akan sulit diterima, mengingat Telkom itu kan perusahaan besar, jadi kayanya bakal susah kalo saranku diimplementasikan sama mereka. Eh tahunya, ternyata mereka terbuka banget lo. Selain Mbak Ica, bapak dan ibu yang lain seperti Bu Hendrina dan Pak Sontang selaku manajer IAS selalu memberikan saran dan masukan yang membangun. Bahkan katanya saranku ini langsung di follow-up dengan memanggil orang IT developer untuk mengembangkan saran yang aku buat. Terharu banget rasanya, baru kali ini aku merasa ilmu-ilmu yang aku pelajari selama kuliah bisa bermanfaat.

Terus, aku juga kadang suka diajak keliling lab pengujian oleh Pak Herman (aku manggilnya Pak He) untuk melihat proses pengujian perangkat secara langsung. Pak He ini baik banget, kita nanya apa aja dijawab, kita butuh apa aja dibantuin. Bahkan Pak He mempersilakan kita untuk terlibat langsung saat klien datang memberikan dokumen persyaratan pengujian perangkat miliknya, agar kita bisa langsung praktek dan paham dengan alur kegiatan IAS.

Eits, jangan pikir orang-orang di sana cuma bisa diajak ngobrol soal kerjaan aja, mereka bener-bener seterbuka itu lo…Entah berapa kali aku diajak ngobrol santai dan sharing-sharing sama mereka.

Hal lain yang bikin aku semakin betah kerja praktek di Telkom adalah, setiap usai shalat dhuhur di masjid, pasti bakal ada kajian yang diisi oleh penceramah yang keren-keren, seperti ustadz Athian Ali, Hanan Attaki, dan lain-lain. Karena kebetulan waktu aku kerja praktek itu pas lagi bulan Ramadhan, jadi ya alhamdulillah sambil kerja praktek, tetep bisa recharge iman hehe.

Well, intinya, banyak banget pengalaman berharga yang aku dapat selama kerja praktek di Telkom. Selain aku jadi tahu rasanya bekerja di kantoran, berkomunikasi dengan banyak orang, dan menyampaikan pendapat, aku juga jadi bisa punya kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang aku dapet selama kuliah secara real. Berterimakasih bangetlah pokoknya sama Telkom, khususnya IAS yang udah kasih kesempatan aku untuk belajar di sini.

 

==UPDATE!==

FAQ

  1. Ini Telkomnya yang di mana?
    1. Telkom yang ada di Gegerkalong Bandung. Di sana setahuku ada Telkom DDS (Divisi Digital Service) dan Telkom Professional Certification Center
  2. Dulu apply kerja praktik / PKL di Telkomnya gimana?
    1. Dulu langsung datang ke Telkomnya dan nyerahin berkas. Mungkin buat teman-teman yang nggak bisa langsung datang ke sana, bisa dikirim via pos berkasnya. Jangan lupa cantumin itu berkas untuk apply kerja praktik / PKL ya
    2. Untuk info lebih lanjut, mungkin bisa juga coba cek di  internship.telkom.co.id
  3. Dokumen apa aja yang harus disiapkan?
    1. CV
    2. Surat keterangan dari kampus
    3. Proposal penelitian (singkat aja, yang penting jelas topiknya apa)
  4. Apakah diberikan uang saku, akomodasi, makan siang, dan gaji?
    1. Dulu sih nggak ada ya, tapi untuk info lebih lanjut bisa coba hubungi HRD Telkomnya langsung, takutnya regulasinya berubah

Semoga bisa membantu ya, terima kasih, dan semangaat! ^^