Gua Pawon : Keindahan Situs Purbakala yang Tersembunyi

Tidak jauh dari Stone Garden, terdapat satu lagi tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan, namanya adalah Gua Pawon. Katanya, di dalam Gua Pawon yang merupakan gua alami sekaligus situs purbakala ini pernah ditemukan kerangka manusia lo.

Begitu kita sampai di kawasan Gua Pawon ini, kita harus naik tangga dulu dan masuk semacam terowongan kecil yang pendek (saya ingat saya hampir merangkak saking takutnya kepala saya terbentur) untuk mencapai bibir guanya.

IMG20170729135713

Begitu saya sampai di bibir guanya, tadinya saya bingung, kok guanya cuma gini aja ya? Terus mana tempat penemuan kerangkanya? Setelah berkeliling sedikit, saya menemukan tangga kecil yang ternyata merupakan akses untuk masuk ke gua sekaligus ke tempat penemuan kerangka.

IMG20170729135908
Naik tangga menuju bibir gua

Setelah menaiki tangga kecil tersebut dan berjalan sebentar melewati gua yang luas dan gelap, saya pun sampai di tempat penemuan kerangka manusia. Namun ternyata kerangka ini hanyalah replika, karena yang asli sudah dibawa ke Museum Geologi (kalau saya nggak salah ingat). Meskipun begitu, kita masih bisa lihat petak-petak yang menunjukkan lokasi kerangka manusia yang ditemukan oleh para arkeolog.

IMG20170729140648

Tak jauh dari tempat penemuan kerangka tersebut, kita akan disambut oleh dinding-dinding gua yang indah berwarna merah. Dari sana juga kita bisa melihat pemandangan daerah Cipatat, Padalarang dari kejauhan. Wah keren deh pokoknya.

IMG20170729141324

 

FAQ

  1. Tiket masuk ke wisata Gua Pawon (per 29 Juli 2017) IDR 5K* per orang dengan parkir motor IDR 5K* dan parkir mobil IDR 10K*
  2. Lokasinya sangat dekat dengan Stone Garden, kira-kira 100 meteran dari Stone Garden. Jalan masuk ke Gua Pawonnya ditandai oleh gapura di sebelah kanan jalan kalau dari arah Bandung.
  3. Jalan di area gua ini cukup licin, jadi kalau boleh saran, mending pakai sepatu atau sandal gunung aja ya
  4. Di Gua Pawon ini memang ada warung, tapi tak begitu banyak. Toilet dan musholla juga ada, tapi kurang layak sih menurut saya (waktu kemarin saya ke sana, mushollanya dikunci, dan toiletnya nggak ada airnya, akses menuju musholla dan toiletnya juga sedikit sulit).

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah