Memanjakan Diri di Pantai Pandawa

Kalau teman-teman sedang mencari tempat wisata, khususnya pantai, yang bisa melepaskan penat dan memanjakan diri kita dengan menikmati panorama laut yang ciamik, teman-teman bisa coba untuk datang ke pantai pandawa, Bali ini.

Pantai pandawa ini letaknya di daerah Nusa Dua, tepatnya di Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Kuta Selatan. Berbeda dengan pantai kuta yang menawarkan pemandangan sunset dan sunrise yang memesona ataupun tanjung benoa yang menawarkan beragam aktivitas water sport, pantai pandawa ini memang diperuntukkan bagi para wisatawan yang benar-benar ingin memanjakan diri dengan menikmati pemandangan laut biru dan pasir putih dengan tenang.

Jujur saya baru tahu keberadaan pantai ini sekitar Januari 2017 lalu, ketika saya sedang karyawisata. Dari yang saya dengar, pantai ini memang bisa dibilang cukup baru karena tadinya pantai ini belum dibuka untuk umum, alias belum diresmikan menjadi pantai wisata.

Pertama kali sampai di kawasan pantai ini, kita harus menuruni tebing curam terlebih dahulu untuk mencapai pantai. Dari tebing ini, kita sudah bisa melihat pemandangan pantai yang begitu indah. Selain itu, di sisi kiri tebing juga terdapat patung-patung tokoh pewayangan seperti Arjuna, Bima, Nakula, Sadewa, dan lainnya.

P1060772

Begitu masuk lokasi pantai, kita harus berjalan sedikit dari lokasi parkir menuju pantai. Jalannya tidak terlalu jauh kok, jalan sebentar langsung sampai deh! Pemandangan laut yang biru dan pasir yang putih bersih membuat siapapun pasti akan terpesona. Saya ingat sekali waktu pertama kali lihat pantainya, langsung gatel pengen foto-foto hehehe. Kan sayang banget udah dateng ke pantai yang bagus banget tapi ga foto-foto. Jadi kalo kesini, jangan lupa bawa kamera ya, it’s a must!

P1060778

Selain foto-foto. Kita juga bisa mencoba wisata kano yang ada (kalau ombaknya sedang berhasabat). Tapi berhubung kemaren saya nggak nyobain naik kano (karena sibuk foto-foto),  jadi saya kurang tahu harganya berapa. Waktu saya kesana sih kebetulan nggak ada yang lagi main kano, mungkin pada sibuk foto-foto kali ya hehe.

Buat yang sekedar ingin menikmati pemandangan pantainya dengan tenang, seperti yang banyak dilakukan oleh wisatawan asing waktu saya ke sana, di sepanjang pantai disediakan banyak sekali kursi tidur beratapkan payung-payung besar yang bisa kita gunakan untuk bersantai menikmati pemandangan dan suara deburan ombak yang menenangkan. Kelihatannya di sana juga ada layanan pijat tradisional juga, karena kemarin saya sempat lihat ada wisatawan asing yang sedang dipijat.  Wah, kurang enak apa coba, dipijat sambil mendengarkan suara ombak sekaligus menikmati pemandangan laut tanpa gangguan? Hmm… nikmat.

P1060777

Atau kalau mau menikmati pantai sambil wisata kuliner juga bisa. Di kawasan pantai ini banyak sekali warung-warung makanan yang menyediakan beragam macam makanan dan minuman yang bisa kita coba dengan harga yang relatif murah. Ada juga warung-warung yang menjual oleh-oleh (umumnya baju), jadi kalau mau sekalian basah-basahan di pantai dan lupa ga bawa baju ganti, tinggal beli aja bajunya di sana.

Overall, menurut saya, pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik yang pernah saya kunjungi. Rasanya kalau saya ada kesempatan datang ke Bali lagi, pantai pandawa ini jelas akan masuk bucket list saya.

FAQ

  1. Harga tiket masuk ke pantai ini Rp 8,000* per orang dengan biaya parkir mobil Rp 5,000* dan parkir motor Rp 2,000*
  2. Lokasi pantai ini bisa dibilang cukup jauh dari pusat kota (Denpasar, Kuta, dll). Sebagai estimasi, kira-kira butuh waktu +-1 jam untuk sampai ke sana (dari bandara Ngurah Rai).
  3. Jangan khawatir soal toilet dan musholla. Di sini cukup banyak toilet yang tersebar di banyak titik (dan cukup bersih menurut saya). Untuk musholla sendiri ada satu, tapi lokasinya cukup jauh dari bibir pantai (agak dekat parkiran bis wisata). Oiya di sini juga tersedia banyak keran air yang bisa digunakan untuk membilas kaki yang kotor terkena pasir.
  4. Berhubung ini pantai, jadi jangan lupa pake sunblock, bawa topi, dan kacamata hitam ya hehe. Kalau misalnya lupa bawa, di sini juga banyak yang jual topi dan kacamata hitam.
  5. Last but not least, jangan lupa bawa kamera ya! Haram hukumnya kalau di sini nggak foto-foto hehe.

 

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah